Kolam koi yang berbusa tidak enak dipandang mata. Biasanya terjadi pada kolam baru dan kolam lama. Busa kolam ikan koi terjadi dikarenakan oleh banyak faktor. Busa yang muncul menandakan ada sesuatu yang tidak normal didalam kolam koi. Kondisi air cenderung menjadi tidak sehat bagi ikan ikan didalamnya.

Kualitas air kolam yang jelek akan menyebabkan ikan rentan terserang penyakit. Hal ini perlu menjadi perhatian khusus bagi para pemilik kolam koi supaya tidak terjadi kematian pada ikan ikan didalamnya. Oleh karena itu kolam ikan yang berbusa harus segera di atasi.

Kadar DOC yang tinggi

DOC atau Dissolved Organic Compound terbentuk dari kotoran ikan dan sisa-sisa pakan yang tidak habis dimakan ikan serta urine ikan yang terlarut dalam air.

Kadar CO2 meningkat

CO2 yang meningkat cukup tinggi menjadi penyebab air kolam keruh dan pekat. Peningkatan kadar CO2 dalam kolam bisa diakibatkan oleh plankton yang mati secara bersamaan.

Ledakan Alga atau Algae Booming

Ledakan alga terjadi karena pemupukan kolam ikan yang berlebihan atau overdosis sehingga menyebabkan pertumbuhan alga tidak terkendali . Populasi alga inilah yang menyebabkan air kolam menjadi pekat dan keruh.

Penggaraman

Penggaraman pada kolam ikan bertujuan untuk menetralkan pH air kolam setelah diguyur hujan. Selain itu penggaraman juga bisa untuk mengobatan ikan dan pencegahan penyakit pada ikan. Pada saat penggaraman biasanya akan terbentuk busa namun sifatnya hanya sementara. Tunggu beberapa saat maka akan hilang dengan sendirinya.

Cara Mengatasi Busa pada Kolam Ikan

Setelah mengetahui penyebab kolam ikan koi berbusa maka pelu dilakukan langkah langkah untuk mengatasinya. Adapun caranya sebagai berikut:

  • Melakukan pembuangan air pada bagian dasar kolam/wadah budidaya sebanyak 30% sebelum dilakukan pengisian air baru.
  • Memperbaiki proses filterasi air kolam menjadi lebih baik dengan penempatan material filter yang tepat dan sesuai dengan fungsinya seperti filter mekanis, biologis, dan kimia.
  • Melakukan pemberian probiotik atau bakteri pengurai pada kolam, sehingga media kolam menjadi stabil, probiotik bias didapatkan di toko-toko yang menjual sarana produksi perikanan.
  • Manambahkan Protein Skimmer. Fungsi dari protein skimmer adalah untuk menyaring protein terlarut dalam air dengan cara pengapungan melalui gelembung-gelembung air.
  • Melakukan sirkulasi/pergerakan air kolam yang cepat dan secara terus menerus.
  • Membuat penahan agar air hujan tidak masuk ke air media pembesaran
  • Menambahkan tanaman air pada media pemeliharaan 50%-70% permukaan air media pemeliharaan.

Demikian ulasan tentang cara mengatasi air kolam ikan yang berbusa. Air kolam yang jernih dan bagus menjadi parameter ukuran keberhasilan dalam pembuatan kolam ikan. Air kolam menjadi tempat hidup ikan tumbuh dan berkembang.

Jika anda membutuhkan jasa pembuatan kolam ikan koi percayakan kebutuhan Anda kepada Jasatamanpro. Kami melayani pembuatan kolam ikan minimalis, kolam ikan natural, landscape kolam ikan. Selain itu kami juga memberikan layanan pembuatan taman untuk melengkapi kolam ikan.