Tanaman rambat adalah salah satu tanaman penghias yang banyak digunakan dalam pembuatan taman hias. Tanaman rambat biasanya digunakan untuk menutupi tembok atau dinding agar tidak berkesan kosong dan hijau. Bisa juga dipasang pada kanopi atau pergola rumah. Tanaman rambat akan menutup rapat jika tempat hidupnya sesuai dan cocok.

Pemilihan jenis tanaman rambat tidak boleh asal asalan supaya rumah dan taman tetap terjaga estetikanya dan tidak terkesan kotor dan menjadi tanaman liar yang bisa mendatangkan binatang. Beragam tanaman hias merambat banyak ditemukan di Indonesia.

Baca: Kenali Jenis Tanaman Rambat Untuk Taman Hias

Supaya bisa berkesan indah dan rapi, tanaman hias merambat memerlukan perawatan yang baik. Perawatan tanaman rambat tergolong mudah dan sederhana. Berikut ini cara perawatan tanaman hias merambat:

Memilih tempat tanam yang cocok

Tanaman rambat biasanya akan lebih mudah tumbuh jika ditanam langsung di tanah. Namun demikian ada juga yang menanamnya dalam pot. Oleh akrena itu jika tanaman rambat di tanam dalam pot maka perlu disediakan media yang tepat untuk memenuhi kebutuhan nutrisinya. Campuran pasir, tanah, dan kompos bisa membantu tanaman bisa tumbuh dengan baik.

Jika penanaman langsung di tanah tanpa pot akan lebih baik karena akar langsung menyerap air dan nutrisi langsung dari tanah. Tanaman akan lebih kuat dan kokoh dengan akar akar yang mencengkeram tanah dan batuan.

Penyiraman yang teratur

Tanaman rambat akan tumbuh baik jika kebutuhan air tercukupi. Lakukan penyiraman secukupnya secara teratur pada pagi dan sore hari. Jangan lakukan penyiraman secara berlebihan karena akan menyebabkan akar membusuk.

Penjarangan (Prunning)

Lakukan penanaman dengan penjarangan supaya akar dan daun cepat bertumbuh. Penjarangan akan memberi ruang yang cukup bagi tanaman untuk tumbuh dan memperbanyak diri.

Pemupukan yang cukup

Tambahkanlah pupuk pada media tanam untuk memberi tambahan nutrisi bagi tanaman. Pemberian pupuk yang baik akan mempercepat pertumbuhan akar, daun, dan batang. Pupuk serba guna yang lebih tinggi nitrogen (angka pertama pada paket pupuk) adalah pilihan terbaik untuk merangsang pertumbuhan.

Baca: Cara Menghitung Estimasi Biaya Pembuatan Taman Minimalis

Demikian ulasan cara mudah merawat tanaman hias merambat. Dengan perawatan yang baik maka tanaman akan lebih cepat tumbuh dan berkembang dengan baik. Jangan biarkan tanaman merambat tumbuh secara liar sehingga menyebabkan taman terlihat liar tidak terawat.